Kamis, 30 April 2020

UANG ROKOK

Ga ngerti mesti gimana. Dulu waktu ketemu, sempet ku tanya rokok habis berapa sebulan. Kamu bilang 300 ribu. Itu duit segitu kamu bakar sia-sia. Aku aja nyari duit segitu susah.

300 ribu itu bisa jadi uang makanku. Bisa juga uang jajanku. Bisa juga buat beli pulsa dan internet. Bisa buat beli madu atau obat kalau lagi sakit. Atau bisa kujadikan modal jualan pulsa. Banyak hal-hal yang lebih penting bisa dibeli dari uang 300 ribu itu dibandingkan cuma buat beli rokok.

Nah waktu kapan hari kamu pinjem uang buat beli bahan makanan, aku jadi bingung. Ga ada tabungan kah ? Gimana mau beli cincin, mahar, dan keperluan nikah ? Padahal aku pengen emas antam. Wajar juga pengen ada resepsi pernikahan.

Kapan hari kamu bilang lagi siapin seserahan. Entah apa isi seserahan itu. Sedangkan aku tau ibuku ga mau kalau cuma sekedarnya. Karena malu sama tetangga. Aku tau ibuku sering datang ke acara-acara pernikahan tetangga-tetangga. Dari yang sederhana sampai yang mewah. Aku ga minta yang mewah, hanya sepantasnya.

Jadi pusing mikirinnya. Gimana kalau aku ga kerja, cuma jadi ibu rumah tangga. Sedangkan keperluan orang tua ku selama ini dari aku. Tiap bulan mereka aku kasih 3 juta. Sesudah bayar kos, aku hanya punya sisa beberapa ratus ribu aja buat makan. Uang tabungan ku putar buat modal jualan pulsa.

Cuma sisa uang beberapa ratus ribu buat makan sampe gajian lagi, jadi ga bisa makan yang enak-enak atau pun yang mahal-mahal.

Sudah beberapa tahun ini aku ga pernah ngemall dan beli baju. Aku cuma beli barang yang benar-benar aku perlukan. Walaupun aku suka baca, aku harus menahan keinginan untuk beli buku.

Hp pun aku ga pernah beli yang mahal-mahal. Jaman ada blackberry, aku ga mampu beli. Hp termahal yang pernah aku beli seharga 2,5 juta. Dan itu sekarang sudah waktunya ganti. Hp ku setiap 4 tahun sekali perlu diganti, karena memory sudah habis. Bisa beli hp seharga itu karena dapat uang THR dan dikasih bonus supplier. Sebelum itu, hp yang mampu ku beli hanya di kisaran 1,5 juta.

Makanya aku heran ketika tau kamu pake i phone. Hp mahal menurutku. Entahlah aku melihat gaya hidupmu berbeda denganku.

Kadang-kadang aku buka-buka website online shop. Berapa banyak barang-barang yang aku pengen, dan sampai sekarang hanya ada di menu keranjang. Walaupun ada yang harganya hanya puluhan ribu, tapi kalau mau membeli aku memikirkan kondisi keuanganku. Memikirkan keperluan orang tuaku. Jadi lah hanya sekedar window shopping.


Selasa, 28 April 2020
Mayong, Jepara

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.