Jumat, 08 Januari 2021

KAMU HARUS BAYAR MAHAL

Kalau lagi ga punya uang begini, jadi inget kamu yang punya hutang sama aku. Kesel banget rasanya. Tahun 2018 kamu pernah minta diisiin pulsa 2x, total 202 rb. Trus waktu kamu ke jepara kamu pinjem uang 50 rb. Belum lagi hutang janji. Banyak banget hutangmu. Jadi kapan kamu bayar hutangmu ? Kalau kamu mati belum bayar hutang, arwahmu nanti menggantung lho. Di akhirat juga ditagih. Karena aku ga ikhlasin hutang itu. Jadi mikir, apa aku tagih ke om kamu ya ? Tapi suatu saat aku akan bilang sama om kamu.


Tapi aku lagi males ngomong sama om kamu. Bisa emosi aku ngomong sama om kamu. Rasanya pengen marah-marah sama om kamu. Ga bertanggung jawab. Ngenalin ponakan juga ga bertanggung jawab. Baik kamu maupun om kamu, ga ada yang menghubungi aku buat pembicaraan apa gitu. Sebenernya kamu mau lanjut apa enggak. Ga kasih keputusan juga. Menggantungkan harapan. Gimana kalau mama kamu yang dipermainkan orang ?

Apa kamu ga berani ngomong ? Penakut dong, apa pengecut. Beraninya cuma koar-koar di sosmed. Tapi ga berani ngomong langsung. Gitu kok di partai politik. Di hajar orang ngumpet. Waktu di grup, mama kamu bangga-banggain sekolah dan pergaulan di ibu kota karena kualitasnya. Mana, tapi kelakuannya ga berkualitas gitu kok.

Kamu sendiri yang bilang kalau ada apa-apa cerita. Nyatanya kamu ga cerita kalau ga kerja. Aku tau di grup mama kamu bilang. Katanya kamu bikin usaha sendiri. Wong yang kamu bikin yayasan nirlaba. Lha emang hidupmu ga butuh uang ? Mama kamu ga perlu makan ? Mau bergantung dari adek kamu aja ?

Entah kenapa aku ga bisa bangga dengan apa yang kamu lakukan. Dari partai politik sampai yayasan. Karena apa yang kamu lakukan ga pernah kamu ceritakan ke aku. Berarti kamu ga menganggap aku penting. Apa-apa taunya dari postingan kamu. Males jadinya liat sosmed kamu. Ga bermutu postingannya. Bahkan cenderung menyebalkan. Selain itu kalau soal partai politik, karena kamu berada di pihak rezim. Mana kamu suka sama siapa itu, si tan malaka. Dia kan ketua partai komunis. Kakeknya tentara, kok cucunya pengagum ketua pki.

Wa kamu kapan hari itu entah kenapa, kayak orang ga simpen nomer atau ngeblok. Kesan ga bertanggung jawab jadi bertambah. Apa kamu sembunyi karena ditagih hutang sama temen kamu, sampai wa kamu begitu. Eh, tapi sekarang kamu sudah mulai bikin status, yang kadang bikin jengah. Last seen juga kamu dsembunyiin. Sama kayak om kamu. Orang-orang yang seperti ini kelihatan kalau hidupnya bermasalah. Aku ga pernah nyembunyiin status di wa atau postingan di sosmed dari kamu. Ga tau kalo kamu, melakukan hal itu apa enggak.

Kamu juga pake nomer banyak banget. Yang ada di aku 4. Jadi mikir, mungkin kamu punya nomer lain yang aku ga tau. Karena pernah ada satu nomer yang waktu itu kamu wa ke aku. Nah .. waktu aku simpan nomer itu, muncul di line. Dan di line itu ada postingan kamu yang tanggalnya jauh sebelum kamu kasih tau aku nomer itu. Berarti kamu punya nomer itu sudah cukup lama, tapi aku ga dikasih tau. Kalau sayang dan cinta, ga ada hal-hal yang disembunyiin.

Jadi inget waktu kamu bilang hp mu dipinjem tante kamu. Tapi ku lihat wa kamu masih aktif. Aneh aja, masak tante kamu pake wa kamu juga ? Sepertinya kamu pengen menghindari orang. Apa karena ditagih hutang ? Makanya jangan kebanyakan gaya. Kayaknya kok hidupmu ga tenang sih ?

Bener kata pepatah, orang yang nomer hp nya ga ganti minimal 10 tahun berarti orang itu bisa dipercaya. Dan ga punya masalah. Dulu kamu ada wa yang nomer mentari, sekarang kok ga ada ? Punya nomer banyak buat apa coba ? Buat hutang ? Atau buat chat sama perempuan lain ?

Aku aja pernah kelewatan isi pulsa sampai nomer hangus. Itu aku urus biar nomer itu tetep aktif lagi. Karena aku ga mau ganti nomer. Aku tipe yang awet kalo punya barang. Dan setia sama pasangan. Ya Allah, kasih aku pasangan yang setia juga ya ..

Jadi mikir kan kalau kamu ga bener-bener serius sayang dan cinta sama aku. Mana buktinya ? Pandemi bukan alasan kalau niatnya baik. Nyatanya banyak yang tetap bisa melangsungkan pernikahan. Punya prasangka, selama ini kamu cuma main-main. Coba dari awal kenal sampai sekarang, kamu pernah nganggur ga berusaha nyari kerja yang bener, malah ngurusi partai politik lah, nyaleg lah, maen ke kampus kamu lah yang cuma mideoin orang panjat tebing. Hal-hal yang kamu lakukan ga ada yang bermanfaat semua. Nyia-nyiain waktu aja.

Katanya waktu kamu kerja di foodcourt, banyak uangnya. Tapi kok kamu ga punya tabungan ? Artinya kamu ga serius memikirkan pernikahan. Ga serius memikirkan masa depan. Kamu juga nemuin aku karena disuruh om kamu kan. Waktu itu om kamu kirim foto kamu, trus aku tanya buat apa. Yang akhirnya aku bilang, ngapain kirim foto udah tau, orangnya yang dateng. Seandainya aku ga bilang begitu, apa kamu ada niat dateng menemui aku ?

Kamu beli rokok aja bisa. Pake iphone juga. Tapi beli cincin nikah ga bisa. Belum maharnya. Belum biaya pernikahannya. Sesederhananya pernikahan, tetap membutuhkan biaya kan. Kalau bener-bener sayang dan cinta sama aku, kenapa kamu ga menghubungi aku ? Kalau kamu bener-bener sayang dan cinta sama aku, harusnya kamu serius niat nikahin aku. Dan serius juga menyiapkan biayanya. Serius juga kerja yang bener dan halal. Bukan kerja yang main-main. Karena ada niat tanggung jawab buat menafkahi. Gajiku buat orang tuaku. Sedangkan biaya hidupku, tanggung jawab suamiku kelak.

Kamu pernah bilang mama kamu matre. Emang mama kamu biayai hidup kamu ga pake uang ? Kamu beli rokok ga pake uang ? Kamu ga perlu uang buat beli makan, buat beli pulsa, buat beli barang-barang. Apalagi temen-temen kamu sama temen-temen mama kamu kaya-kaya kan. Pasti maunya ngikutin gaya hidup mereka.

Jadi punya prasangka kamu ada niat bergantung sama istri yang punya penghasilan. Makanya perempuan-perempuan yang selama ini kamu ajak nikah pada ga mau. Karena mereka liat kamu santai, males kerja. Ya mereka ga mau diajak hidup susah sama kamu.

Waktu kamu perlu uang buat bayar cicilan motor, kamu bilang temen-temen kamu sombong di wa ga dibales. Bisa jadi kamu pernah hutang sama mereka. Dan kamu ga bayar. Jadinya mereka males. Sebenernya temen-temen kamu kadang males sama kamu. Bukan cuma temen perempuan aja. Tapi juga temen laki-laki. Kamu ga bayar hutang, tapi postingan si sosmed pamer.

Kayaknya kamu tersinggung sama postingan di twitter, tentang orang yang sebenernya ga punya uang tapi bergaya seolah kaya. Jadi kayak pake topeng. Berarti kamu sadar, makanya suka pake profile picture topeng. Pantes kamu unfollow twitterku. Coba kalau yang posting itu temen kamu yang cantik-cantik, yang kamu anggap sahabat. Apa kamu juga akan melakukan hal yang sama kamu lakukan sama aku ? Tapi kalau sahabat kamu itu sepertinya lebih berani ngomong ke kamu terus terang.

Kalau kamu bener-bener sayang dan cinta sama aku, harusnya kamu bisa jaga perasaan dan perbuatan. Selama ini kamu sering nyakitin perasaan aku. Liat postingan kamu di sosmed yang nandai perempuan lain apalagi dengan pujian (kalau nandain aku aja pasti kamu nandain mama kamu juga. Apa maksudnya coba. Kenapa ga cuma nandain aku aja ?), coment kamu di sosmed, kasih emoticon love ke perempuan lain. Pantaskah itu dilakukan oleh orang yang mengaku sayang dan cinta ? Apakah itu perbuatan baik ?

Pernah ga kamu liat postingan aku nandain laki-laki lain atau coment aku ke laki-laki lain pake emoticon love ? Aku ga pernah lakuin itu. Aku pake cuma buat saudara dan teman-teman perempuan. Karena aku ga mau nyakitin istri dari laki-laki lain. Dan aku juga ga mau pasanganku seperti itu. Jadi mikir juga, itu yang keliatan. Gimana yang ga keliatan, kayak messenger di fb, twitter, ig, wa, telegram. Pernah ga kamu lihat aku posting foto laki-laki lain ? Pernah ga kamu liat aku posting foto berdua sama laki-laki lain ? Yang ada posting foto kamu. Tapi inget perlakuan kamu ke aku sekarang, jadi nyesel. Aku malu posting foto orang yang ga bertanggung jawab.

Gayanya pengen jadi direktur. Tapi kelakuan kayak gitu. Temen-temenku yang direktur, jarang bahkan hampir ga pernah posting di sosmed. Apalagi posting yang ga berguna. Pasti temen-temen kamu ada yang muak sama postingan-postingan kamu di sosmed. Kalo inget kamu nyakitin aku, rasanya lebih baik kamu mati aja. Dari pada hidup tapi nyusahin dan nyakitin aku. Inget waktu di grup, mama kamu cerita ada temennya yang suaminya meninggal bukannya sedih tapi malah seneng. Soalnya waktu hidup si suami sering nyakitin si istri. Dan aku perhatiin rata-rata suami yang nyakitin istrinya itu mati duluan.

Aku pengen kayak temen-temen aku yang lain. Tau password sosmed pasangannya. Karena aku pengen hapus postingan, foto-foto perempuan, dan temen-temen perempuan kamu yang menyakitkan. Kamu emang kayaknya bermasalah, sama kayak mama kamu. Punya beberapa account sosmed. Kamu ada account fb lain. Entah kalo twitter atau ig. Orang kalo ga punya masalah ngapain punya account sosmed lebih dari satu ? Aku dari dulu punya account sosmed cuma 1. Ngapain ribet-ribet punya lebih dari 1 kalo ga bermasalah ?

Kalau sayang kenapa kamu ga peduli sama aku ? Ga hubungi aku buat tau kondisi aku, sehat apa lagi sakit. Kamu juga ga peduli sama orang tua aku. Apa orang tua aku sehat atau lagi sakit. Selama ini pernah ga kamu nanyain kabar orang tuaku ? Nanya bagaimana kondisinya ? Kamu hanya memikirkan dirimu sendiri dan keluargamu. Coba diinget, baca chatingan wa dulu. Pernah ga aku nanyain kabar mama kamu ?

Selama ini kamu sering menyebut orang-orang baik. Tapi apakah kamu sendiri berbuat baik ? Sampai sekarang ga ada menghubungi aku tanpa ada penjelasan, apakah itu perbuatan baik ? Kamu pergi, foto-foto, sama perempuan lain apa itu perbuatan baik ? Mikir ga ? Otaknya dipake. Coba kalau mama kamu yang diperlakukan orang seperti itu. Bayangkan juga kalau ada orang yang beli dagangan mama kamu tapi ga bayar. Segala perbuatan baik ataupun buruk, akan kembali. Entah kembali pada diri sendiri, atau kepada keluarganya. Dan kamu ga ada niat buat memperbaiki diri.

Mama kamu kan pernah merasakan disakitin laki-laki. Tapi apa mama kamu mendidik anak-anaknya untuk jadi laki-laki yang baik ? Yang menghargai perempuan, yang ga mempermainkan perasaan perempuan. Yang ga males, ga main-main, yang bertanggung jawab. Adek kamu pacaran lama sampe bertahun-tahun, sebenernya itu sama aja mempermainkan perempuan. Hal yang sia-sia dan dosa tentunya. Sebenernya mama kamu gagal mendidik anak laki-lakinya buat jadi laki-laki baik. Cuma mama kamu malu mengakuinya. Mama kamu menutupinya. Sebenernya mama kamu memikirkan kelakuan ga baik anak laki-lakinya, dipendam sampai mama kamu sakit.

Aku mengadu sama Allah atas segala perbuatanmu, mama kamu, dan om kamu. Allah yang memberikan balasan. Dengan caranya. Biasanya lewat orang lain. Dan Allah selalu memperlihatkan kepadaku. Apapun bentuk balasan itu. Bisa sakit, musibah, celaka, bangkrut. Karena aku yakin Allah Maha Mengetahui segala perbuatanmu yang aku ga tau (chat sama perempuan lain misalnya). Dan aku juga yakin Allah akan memberi balasannya.


Senin, 4 Januari 2021
Mayong - Jepara

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.